Tempatnya Tweaks, ROM, Apps, Trik, dan Cheat Khusus untuk ANDROID

Thursday 7 April 2016

Pengertian Rotasi dan Revolusi Bumi Beserta Akibatnya


    Bumi merupakan planet anggota Tata Surya urutan ke 3. Memiliki 1 satelit alami yaitu Bulan. Bumi juga merupakan satu-satunya planet yang terdapat di Tata Surya yang memiliki kehidupan didalamnya. Itu dikarenakan planet bumi memiliki suhu yang sedang dan mempunyai air yang berlimpah untuk keberlangsungan hidup organisme didalamnya.

    Bumi merupakan sebuah planet, oleh karenanya bumi tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Bumi mengitari Bintangnya yaitu Matahari. Untuk dapat melakukan 1x Revolusi (mengitari Matahari) Bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari atau 1 tahun. Selain melakukan Revolusi, Bumi juga melakukan Rotasi, atau berputaran pada porosnya dengan durasi 24 jam atau 1 hari untuk sekali Rotasi. Untuk lebih memahami tentang Rotasi dan Revolusi, mari simak penjelasan dibawah ini :

Sumber gambar : Ilmusosial.net


1) Rotasi

Rotasi Bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. dalam 1x rotasi bumi membutuhkan waktu 24 jam atau yang kita tahu adalah 1 hari.
akibat dari rotasi bumi :
  • terjadinya siang dan malam.
  • gerak semu harian matahari.
  • perbedaan waktu


2) Revolusi

Revolusi Bumi adalah Perputaran bumi mengelilingi matahari. dalam 1x revolusi, bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari atau 1 tahun.
akibat dari revolusi bumi :
  • perubahan musim
  • Gerak semu tahunan matahari

Udah jelaskan apa perbedaan dari Rotasi dan revolusi? semoga jelas yak ;)
Sekian artikel tentang Pengertian Rotasi dan Revolusi Bumi dan Akibatnya. Semoga bermanfaat yak ;)
Wassalam.
"Jangan pernah membuat kerusakan dimuka bumi, karena Tuhan tidak suka itu"


keyword : Pengertian Rotasi dan Revolusi Bumi Beserta Akibatnya-smansal, Pengertian Rotasi Bumi dan Akibatnya, Pengertian  Revolusi Bumi dan Akibatnya, Pengertian Planet, Tata Surya, Revolusi dan Rotasi bumi, Pengertian Rotasi dan Revolusi, Akibat Rotasi Bumi, Akibat Revolusi Bumi

Share:

0 comments:

Post a Comment

Iklana

Iklan