Tempatnya Tweaks, ROM, Apps, Trik, dan Cheat Khusus untuk ANDROID

Friday 15 April 2016

Perkembangbiakan Pada Hewan Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya

     Hewan merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan YME yang tinggal bersama manusia di planet bumi. Hewan biasa digunakan oleh manusia sebagai bahan makanan, obat, alat tarnsportasi, dll. Di planet kita ini ada banyak sekali jumlah hewan, dari mulai yang berukuran mikro sampai berukuran makro. Agar mudah mengenali dan menelitinya, manusia mengelompokan hewan kedalam beberapa kelompok berdasarkan ciri fisik, Cara berkembang biak, Jumlah kaki, Cara beradaptasi, Makanannya.

    Kali ini kita akan membahas tentang Pengelompokan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya. sebelum lanjut, ada yang tau apa itu berkembangbiak? menurut saya sih berkembang biak itu adalah . Sekarang apa fungsi dari berkembang biak?? ok, fungsi hewan berkembangbiak adalah untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.
     
   Ada 3 macam cara perkembangbiakan pada hewan yaitu Ovipar (Bertelur), Vivipar (Bertelur), dan Opovivipar (Bertelur dan beranak). berikukt penjelasan lebih jelasanya.

1) Bertelur

Sumber gambar: kabarnetizen.com
    Perkembangbiakan dengan cara bertelur disebut juga Ovipar. Hewan ovipar akan mengeluarkan telur dari tubuhnya. didalam telur tersebut terdapat embrio. embrio memperoleh cadangan makanan dari dalam telur. Setelah beberapa lama telur akan menetas dan menghasilkan individu baru.
Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah :

  •  Kelompok burung (aves) : Itik, ayam, angsa, dan lain-lain.
  •  Kelompok ikan (Pisces) : Ikan lele, ikan emas, ikan tawes, dan lain-lain.
  •  Kelompok Reptil : Cecak, buaya, dan lain-lain.
  •  Kelompok Amfibi : Katak dan kodok.

Ciri-ciri hewan ovipar :

a) Tidak memiliki daun telinga.
b) tidak memiliki Grandula mamae.


2) Beranak


    Perkembanngbiakan dengan cara Beranak disebut juga Vivipar. Hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak akan mengalami masa kehamilan. Masa tersebut adalah masa berkembangbiak embrio didalam perut induknya. Embrio memperoleh makanan dari induknya melalui plasenta. setelah beberapa waktu dan perkembangan dengan sempurna, embrio akan dilahirkan dan akan menjadi individu baru. Embrio yang dilahirkan akan sama seperti induknya.
contoh : Sapi, Kerbau, Kucing, dan lain-lain.

3) Bertelur dan beranak

sumber gambar : indonsesiaindonesia.com

    Cara berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak disebut juga Ovovivipar. Induk hewan yang berkembangbiak dengan cara opovivipar akan bertelur. Telur tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh sang induk, melainkan akan berada di perut sang induk. Embrio hewan akan berkembang didalam telur setelah berkembang sempuran, embrio akan menetas dan dikeluarkan dari tunuh induknya bersama cangkang telurnya.

Contoh : Kadal dan ular.

Sekian Artikel Tentang Perkembangbiakan Pada Hewan Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya, Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua ok (y)
Sekian, Terimakasih

Keyword : Perkembangbiakan Pada Hewan Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya, Perkembangbiakan Pada Hewan Dengan Cara Bertelur (Ovipar),
Perkembangbiakan Pada Hewan Dengan Cara Beranak (Vivipar),
Perkembangbiakan Pada Hewan Dengan Cara Bertelur Dan Beranak (Opovivipar), Pengertian Vivipar, Pengertian Ovipar, Pengertian Opovivipar, 2016
Share:

0 comments:

Post a Comment

Iklana

Iklan